Menjadi Ibu

Tonight is the 4th sleepless night in a row. Classic reason, my baby is sick. I’m not complaining here. Or even bragging. I thought it’s what every mother willingly and instictively would do if her child gets down.

What I’m thinking is that I could actually pull this off this far of being a mother. Yanda si manja yang jaman dulu apa-apa dikerjain sama mamahnya.

Well, I maybe not that good of a mother. But I’m trying my best.

It’s funny how this little girl, my little baby, could actually bring out the best of me.

And it’s funny how you think you can’t until you actually can. How you think you are not until you actually are.

About Work

Udah lama banget ngeblog, hmmm, hampir 7 tahun ya yang pake alamat wordpress; tapi belum pernah yang bahas kerjaan akyu yah di sini..

Abisan kerjaan aku mah gini gini aja.. hehehe… *low passion*

Jadi seperti para pembaca setia udah tau, gue kan kerjanya di perusahaan minyak bi yu em en ya.. Posisinya adalah Geophysicist. Naah, sampai tahap ini kalian pasti berpikir begitu sedikitnya hal yang kalian tau karena sebelumnya selama hidup kalian ga pernah denger ada pekerjaan yang namanya Geophysicist atau Ahli Geofisika. Hahahaha… ya gitulah, nasip kerjaan kurang terkenal dan tidak mainstream.

Terus kerjaannya ngapain?

Kalau disimplifikasi sih intinya kita ini tugasnya nyari lokasi yang prospek buat dibor karena kira-kira mengandung minyak bumi. Kenapa kira-kira? Karena kan ga ada yang tau itu bawah bumi isinya bener ada minyaknya apa enggak. Yang bisa engineer lakukan cuma menggunakan pendekatan-pendekatan fisika (bukan pdkt yee) buat mengira-ngira keadaan di bawah gimana.

Nah, lapangan minyak tempat saya ditugasin sekarang lokasinya di Raja Ampat, Papua. Tapi 3 tahun kerja di sini, belum pernah loh akyu dinas ke sana.. untuk alasan yang akan kubeberkan nanti. Hehehe…

Katanya bisnis ini kan high risk high return. Kemarin sempet ada proyek besar yang gagal. Sedih sih, karena ngikutin proses dari processing data sampe interpretasi sampe jalan proyek ngebor. Total abis USD 50juta lebih kali ya untuk ngebor 2 sumur. Dan kering aja dongg alias dry hole.

Kata manajer finance, “kalian mati terus idup lagi terus mati idup lagi sampe 9x juga ga bisa ngebayar segitu”

Duile Pak, meuni pake ati. Namanya juga eksplorasi yaa dari 10 sumur ngebor, yang berhasil 3 sumur juga udah bagus deh.

Nah, slama saya kerja di sini, dinas bisa diitung pake jari. Itupun slalu dinas kota. Kalau ke lapangan saya slalu nolak dengan berbagai macam alasan ( “yang cowo aja pak yang ke sana. Lumayan pak dia lagi pengen bikin dapur”, “rignya sekamar ber4 pak ma cowok2, kamar mandinya campur. BAPAK TEGA??”, dan berdjuta alasan lainnya). Waktu Kinan masih belum 2 taun sih, bos saya ngertiin banget kalau saya ga bisa (atau ga mau) dinas jauh-jauh karena Kinan masih ASI. Dia pernah bilang, “saya mau nyuruh kamu kasian sama anak kamu, e”

Mwehehehe…

Kalaupun ada dinas, Kinan selalu gue bawa. Jadi di umur segini ke Bali udah 3x dia. Ke Bandung Bogor ga keitung. Yang paling seneng ya ncuus, karena pasti diajak kan.. hahaha… uang dinas pasti tekor tapi daripada ninggalin anak seminggu jadi digembol sadjah anak bayi beserta seluruh peralatan mpasi nya waktu itu (sebut saja rice cooker, blender, angkut smuwaah di koper). Yang penting anak senang dan mamaknya nyaman kan. Pernah deng 3x gue dinas ga dibawa, ke Sungai Gerong, Sumsel (yang lokasinya jauh darimana-mana), ke Sorong (boook, bayarin PP anak-ncus ke Papua mah modyar wae yaa), sama ke Bandung karena pas udah mau berangkat Kinannya sumeng jadi ditinggal dan dinas mamak diperkilat. Hiks..

Jadi posisi gue sekarang couldn’t ask for more lah.. Soal gaji, relatif lah ya buat setiap orang. Kalau buat saya sih, Alhamdulillah cukup2 aja. (Ciyee bijaak)

Jadi intinya sekarang saya sedang dalam zona nyaman nyamannya nih. Gaji cukup, ga pernah bawa kerjaan ke rumah (whatever happens in office stays in office. Ga lah ya bawa kerjaan ke rumah), paling lama jam 4.15 udah bs balik (jarang buanget lembur), kalau istirahat masih bisa lunch2 cantik di kokas atau belanja di ambas, bos dan lingkungan kerja yang baik dan mengerti posisi saya sebagai ibu. Work-life balance oke lah.

Passion? I’m happy with my job right now, dengan smua plus-minusnya. How about doing what you’re doing right now with your best. That’s passion.

Ibu pengemis dan anaknya itu…

Pulang buka bareng gembok kemarin, gw naik ojek ke halte busway. Di perjalanan, di trotoar gw liat ibu duduk nangis2 sambil meluk anaknya yang dipeluk pake kain gendongan dan ditidurin di trotoarnya. Ibunya teriak-teriak dan air matanya beneran.

Gw jalan terus… di pikiran gue ‘pasti nipu. Pasti nipu’. Tapi, ibu mana yang tega ya, muka si ibu kebayang terus. Jadi pas turun ojek di halte busway, gw jalan balik 100 meteran ke tempat ibu itu.

Pas sampe, gue tanya, “kenapa anaknya bu?”
Dia ngusap air matanya, “sakit,” katanya sambil terisak.
“Yuk, ke rumah sakit sama saya.”
Ibunya kayak kaget, terus ngegeleng. “Ayok bu. Mumpung rumah sakit deket.”
“Besok pagi aja.”
Di sini gue udah ngerasa dia ga bener. Kalau anaknya sakit kan harusnya mau dibawa ke rs dong, masa nunggu pagi. Tadinya gue udah mau ninggalin dia, tapi gue liat anaknya yang tiduran di trotoar, lagi liatin gue. Ga keliatan sakit si menurut gue. Anaknya cantik. Matanya besar. Sedikit lebih tua dari Kinan, tampaknya. Gue ga tega, sumpah. Kok tega-teganya si ibu memergunakan anaknya gitu. Akhirnya tetep gue kasih duit, sembari gue bilang, “besok mesti dibawa ke rumah sakit loh bu. Janji!”
“Iya bu, makasih”

Terus gue jalan balik. Tapi gue malah lebih sedih daripada sebelum gue dateng. Gue telpon gumi dan dia marahin gue kenapa tetep kasih duit. Gue bilang gue ga tega. Kata gumi itu justru akan membuat sang anak semakin dipergunakan. Gue nangis sesegukan di halte tuh. Sama gumi tambah dimarahin. Haha.. udah pulang aja cepet. Hihi.. raja tega.

Mudah-mudahan anak itu dilindungi Allah dan masa depannya tidak terenggut karena keegoisan ibunya. Aamiin..

Ngompol

Suatu malam Kinceu ngompol tapi dia ga kebangun, mungkin saking capeknya baru pulang dari Yogya. Kitapun baru sadarnya baru Subuh gitu.. Paginya dia lihat ‘pulau’ bekas ompolnya.

K: ibu, ini bekas apa? Susu tumpah ya?
I: haha, bukaaan.. kinan semalam ngompol. Ga kerasa ya?
K: ini susu ibu!
I: ompol ini sayang..
K: ibuu, ayolaahh, ini susu tumpah! *keukeuh*

Malamnya, pas mau tidur, ternyata selimutpun bau pesing.
I: Aduh, selimutnya kena juga nih.
K: yang ketumpahan susu ya bu?

Huaha, konsisten doi! Gakpapa kali nak, kebablasan ngompol, asal jangan sering-sering! :p

Cara membentuk perut rata..

Kemarin dibilang orang kantor, “ih, dia mah masa udah anak satu perutnya masih rata gitu ya?”

Diriku hampir terjengkang dibuatnya.. *ini kalau ayah baca pasti ketawa ini :))*

Yes, brarti strategi membuat perut (terlihat) rataku selama ini berhasil: tahan napas dan jangan dilepaskan!

Today’s Note

Siang ini gue ke Kerfur Ambassador (jurig ambas, ceuk Ratih). Beli ikan2an Kinceu Marinceu gt biasa. Sampe pas gue lagi muter ada anak kecil nangis, triak triak mamaa mamaa gt.. umurnya mungkin sedikit lebih gede dari Marinceu. Pas gue dateng, udah banyak orang-orang pada bingung liatin tapi kok pada diem aja seh.. bzzzz..

Gw deketin anaknya, “mamahnya mana, nak?” (Mamaaa.. mamaaa..)
“Udah gakpapa..” (mamaaa.. mamaaa..)
Gw tanya ke mbak kerfurnya (yang cuma bengong liatin. hih!) Informasi dimana. Sembari jalan, gue pegang tangannya dan nangisnya berkurang. Gue tanya nama kamu siapa? (Mamaaa.. mamaaa..)
Mamanya pake baju apa? (Mamaaa.. mamaaa..)
Ya sudlah, sampai di informasi gue bilang ke mbaknya, ada anak ilang. Si orang informasi bilang, ya ampuun anak ini yang tadi mau foto sama badut sama mamahnya. Terus gue bilang gue titip dia.

Gue balik belanja. Tapi gue degdegan parah. Dan kaki gue gemeteran. Kebayang, it could’ve been me. It could’ve been Kinan. And it would only took a split careless second.

Gimana kalau orang-orang di sekitar Kinan nanti seignorant tadi. Gimana kalau kejadiannya di tempat yang bener-bener asing. Dan berbagai ‘what ifs’ lainnya.

Sudah harus mulai ajarin Kinan SOP kalau2 *ketok meja**pait pait pait* kejadian hal kayak gini. Setelah kemaren pelan-pelan diajarin underwear rules (yang mana dia salah tangkep. Gw bilang yang boleh mandiin dan pipisin Kinan cuma ibu sama sus. Terus pas dia ditinggal berdua doang sama mbak karena sus sholat, dia bilang ke mbak, “mbak ga usa ulusin aku. Ga boleh. Yang boleh cuma ibu cama syustel. Jangan ulusin aku!” #eaaaa #drama)

Mudah-mudahan terhindar dari musibah yang demikian.. aamiin..