Ibu pengemis dan anaknya itu…

Pulang buka bareng gembok kemarin, gw naik ojek ke halte busway. Di perjalanan, di trotoar gw liat ibu duduk nangis2 sambil meluk anaknya yang dipeluk pake kain gendongan dan ditidurin di trotoarnya. Ibunya teriak-teriak dan air matanya beneran.

Gw jalan terus… di pikiran gue ‘pasti nipu. Pasti nipu’. Tapi, ibu mana yang tega ya, muka si ibu kebayang terus. Jadi pas turun ojek di halte busway, gw jalan balik 100 meteran ke tempat ibu itu.

Pas sampe, gue tanya, “kenapa anaknya bu?”
Dia ngusap air matanya, “sakit,” katanya sambil terisak.
“Yuk, ke rumah sakit sama saya.”
Ibunya kayak kaget, terus ngegeleng. “Ayok bu. Mumpung rumah sakit deket.”
“Besok pagi aja.”
Di sini gue udah ngerasa dia ga bener. Kalau anaknya sakit kan harusnya mau dibawa ke rs dong, masa nunggu pagi. Tadinya gue udah mau ninggalin dia, tapi gue liat anaknya yang tiduran di trotoar, lagi liatin gue. Ga keliatan sakit si menurut gue. Anaknya cantik. Matanya besar. Sedikit lebih tua dari Kinan, tampaknya. Gue ga tega, sumpah. Kok tega-teganya si ibu memergunakan anaknya gitu. Akhirnya tetep gue kasih duit, sembari gue bilang, “besok mesti dibawa ke rumah sakit loh bu. Janji!”
“Iya bu, makasih”

Terus gue jalan balik. Tapi gue malah lebih sedih daripada sebelum gue dateng. Gue telpon gumi dan dia marahin gue kenapa tetep kasih duit. Gue bilang gue ga tega. Kata gumi itu justru akan membuat sang anak semakin dipergunakan. Gue nangis sesegukan di halte tuh. Sama gumi tambah dimarahin. Haha.. udah pulang aja cepet. Hihi.. raja tega.

Mudah-mudahan anak itu dilindungi Allah dan masa depannya tidak terenggut karena keegoisan ibunya. Aamiin..

Ngompol

Suatu malam Kinceu ngompol tapi dia ga kebangun, mungkin saking capeknya baru pulang dari Yogya. Kitapun baru sadarnya baru Subuh gitu.. Paginya dia lihat ‘pulau’ bekas ompolnya.

K: ibu, ini bekas apa? Susu tumpah ya?
I: haha, bukaaan.. kinan semalam ngompol. Ga kerasa ya?
K: ini susu ibu!
I: ompol ini sayang..
K: ibuu, ayolaahh, ini susu tumpah! *keukeuh*

Malamnya, pas mau tidur, ternyata selimutpun bau pesing.
I: Aduh, selimutnya kena juga nih.
K: yang ketumpahan susu ya bu?

Huaha, konsisten doi! Gakpapa kali nak, kebablasan ngompol, asal jangan sering-sering! :p

Cara membentuk perut rata..

Kemarin dibilang orang kantor, “ih, dia mah masa udah anak satu perutnya masih rata gitu ya?”

Diriku hampir terjengkang dibuatnya.. *ini kalau ayah baca pasti ketawa ini :))*

Yes, brarti strategi membuat perut (terlihat) rataku selama ini berhasil: tahan napas dan jangan dilepaskan!

Today’s Note

Siang ini gue ke Kerfur Ambassador (jurig ambas, ceuk Ratih). Beli ikan2an Kinceu Marinceu gt biasa. Sampe pas gue lagi muter ada anak kecil nangis, triak triak mamaa mamaa gt.. umurnya mungkin sedikit lebih gede dari Marinceu. Pas gue dateng, udah banyak orang-orang pada bingung liatin tapi kok pada diem aja seh.. bzzzz..

Gw deketin anaknya, “mamahnya mana, nak?” (Mamaaa.. mamaaa..)
“Udah gakpapa..” (mamaaa.. mamaaa..)
Gw tanya ke mbak kerfurnya (yang cuma bengong liatin. hih!) Informasi dimana. Sembari jalan, gue pegang tangannya dan nangisnya berkurang. Gue tanya nama kamu siapa? (Mamaaa.. mamaaa..)
Mamanya pake baju apa? (Mamaaa.. mamaaa..)
Ya sudlah, sampai di informasi gue bilang ke mbaknya, ada anak ilang. Si orang informasi bilang, ya ampuun anak ini yang tadi mau foto sama badut sama mamahnya. Terus gue bilang gue titip dia.

Gue balik belanja. Tapi gue degdegan parah. Dan kaki gue gemeteran. Kebayang, it could’ve been me. It could’ve been Kinan. And it would only took a split careless second.

Gimana kalau orang-orang di sekitar Kinan nanti seignorant tadi. Gimana kalau kejadiannya di tempat yang bener-bener asing. Dan berbagai ‘what ifs’ lainnya.

Sudah harus mulai ajarin Kinan SOP kalau2 *ketok meja**pait pait pait* kejadian hal kayak gini. Setelah kemaren pelan-pelan diajarin underwear rules (yang mana dia salah tangkep. Gw bilang yang boleh mandiin dan pipisin Kinan cuma ibu sama sus. Terus pas dia ditinggal berdua doang sama mbak karena sus sholat, dia bilang ke mbak, “mbak ga usa ulusin aku. Ga boleh. Yang boleh cuma ibu cama syustel. Jangan ulusin aku!” #eaaaa #drama)

Mudah-mudahan terhindar dari musibah yang demikian.. aamiin..

Kinan Drawings

Coba tebak ini gambar apa?

image

Haha.. kegampangan yak?

Yang lebih susah deh, coba tebak (kira-kira) maksud Kinan gambar binatang apakah di bawah ini?

image

:))

Contekan dari Ki-Ka:
Kuning Jerapah, biru gajah, coklat rusa, hijau kura-kura

Sampai jumpa di kuis tebak gambar Kinan berikutnya. ;p

Cerita Kenek

Tukang Kenek kali ini perempuan. Keren deh, dia nelpon rumah, “dimana bang? Oo udah pulang?” lalu diselingi (dengan telpon diselipkan di jilbab), “DEK DEK DEK NAIK DEK YANG BARUSAN MASUK NAIK DEK!!” lanjut telpon lagi, “ya kirain belom pulang, takut Cabi keujanan”

A mother is a mother, wherever she is, whatever she does.