cooking (for dummies) 101

Ya, kembali lagi bersama chef (-chef an) Yanda dalam cooking 101. Karena kesambit jin yang namanya gakmaukalahsamafaraquinn, wiken kemarin saya membulatkan tekad untuk main masak-masakan. Dan resep yang terhormat yang saya coba kali ini adalah CUMI SAUS TIRAM!

Bahan:

1. Cumi 3/4 kg untuk hidangan 3 orang

2. 2 siung bawang putih, diulek

3. 1 buah bawang bombay, diiris.

4. Royco (secukupnya)

5. Merica (secukupnya)

6. Garam (secukupnya)

7. Kecap saos tiram (secukupnya)

8. Kecap manis (secukupnya)

Maap ya, semua bahan ditulis secukupnya.. Karena semua murni coba-coba dan selera sih.. kalo kurang manis, tambah kecapnya. Kalo kurang asin tambah garamnya.. Hehehey..

Cara:

1. Bersihkan cumi dan potong menjadi 3 bagian. Jangan kecil-kecil motong cuminya. Soalnya kalo udah digoreng, cuminya bakal menciutttt..

2. Campurkan Royco dan Merica ke Cumi, aduk-aduk. Biarkan sebentar hingga meresap (baca: chefnya keasyikan nonton koper dan ransel, jadi lupa ada masakan menunggu diolah.)

3. Balut Cumi dengan tepung maizena. Jaga agar campuran tepung dan Cumi tetap kering, karena kalo basah, jadinya pas digoreng tepung lepas2 dari cuminya.

4. Goreng Cumi dengan api sedang sampe berwarna kecoklatan.

5. Tiriskan

6. Tumis bawang putih dan Bawang Bombay sampai harum.

7. Masukan Cumi kedalam tumisan.

8. Campurkan semua bahan-bahan nomer 6, 7, 8 yang “secukupnya” tadi sampai pas dengan selera anda. Tumis-tumis sedikit sampai warna cumi seragam.

9. Angkat dan Hidangkan.

Voila, Cumi Saos Tiram ala Chef Yanda..

Enggaaak, ga ada fotonya. Karena saya masih ingat sakitnya hati saya waktu majang foto seafood asam manis di blog terus dibilang mirip rujak. Padahal kan itu cuma karena makanan saya gak fotogenik aja. Pada ngerti pribahasa dont judge a cook by it’s cover ga sih? huh.

Masakan ini kemudian saya bagi-bagikan bagi para perut yang ikhlas mencoba. Mereka dengan muka khawatir bakal sakit perut yang ditutup-tutupi akhirnya terpaksa menerima.

Tapi mereka bilang enak koookk.. (murni! tanpa dibawah todongan senjata!)

🙂

Jadi, untuk smua cooking dummies di luar sana, silahkan mencoba resep gakmungkin-gagal ini. Karena kalau saya bisa, anda juga pasti bisa!

Happy cooking!

3 respons untuk ‘cooking (for dummies) 101

Tinggalkan komentar