cacar api

2 minggu yang lalu Kinan kena cacar api di tangannya. Awalnya bentol biasa, ada titik kecil di tengah. Besoknya si bentol membesar. Besoknya tambah besar, pecah, berair dan bernanah, tengah2nya kayak ada korengnya. Bentuknya persis kayak kesundut rokok atau api gitu (makanya namanya cacar api kali ya?)

Sempet bingung, apa eksim (secara emak bapaknya alergian). Tapi eksim kan ga berair. Trs kayaknya perih gitu yaa berair2 merah2 gitu.. Tapi Kinannya sendiri ga rewel dan ga garuk2. Kl ga kita yg liat duluan ga tau deh ni anak kena begituan.

Setelah 3 hari, akhirnya memutuskan untuk ke dokter aja. Minta tolong sama mamah karena masih di kantor. Ngantri dokter endah mah ga akan dpt, jd pilih dokter siapa aja yg di sana. Percaya aja sama rumah sakitnya.

Lalu dikabari. Ternyata cacar monyet. Salahnya (karena ga pergi sendiri ke dokter sih) ga nanya nama klinis penyakitnya. Browsing2 cacar api, ternyata karena bakteri. Antibiotik it is. Pranggg (suara hati pecah..)

Sampe rumah, cek kertas yang di dalam bungkus obat dari dokter. Dikasihnya sirup, ga dikasih salep. Yes, antibiotik. Memang dikhususkan untuk si bakteri staphylococcus penyebab cacar api (sekarang udah tau nama klinisnya = impetigo). Diminum 3x shari slama sminggu sampai habis.

5 hari kemudian kering. Horeee.. Impetigo ini sangat menular. Dari nanah yang ada di lukanya. Jadi ga boleh digaruk. Karena kl abis garuk trs tangannya nempel ke kulit lain, ya jadi kena lagi. Untung kinan juga ga garuk-garuk jadi cacarnya ya di satu tempat itu aja.

Nah kemarin, liat di tangannya. Waduh, kok bentuknya sama kayak cacar yang kmrn yangg msh bentol kecil. Dan hari ini kuliat.. Muncul lagiii si luka nanah kayak bekas luka bakar ituh.. :( hatiku hancur.

Sms dokter endah, apa bisa beli obat yang sama lagi jadi ga usah ke dokter. Dijawab, dikasih obat apa kemarin? Salep? Gw jawab, antibiotik minum. Dan dijawab, impetigo ga perlu antibiotik minum. Cukup salep aja..

Prangg pranngg..

Browsing2 lagi. Kali ini pake keyword impetigo. Masuk ke milis sehat dan beberapa blog ibu2. Memang ada yg diresepkan minum tapi itu cacarnya sudah parah nyebar ke seluruh tubuh dan hampir jadi borok. Kinan yang cuma satu gitu, cukup salep antibiotik aja..

Huaaaa.. Sentil dulu sini kupingnya!

Setelah search2 lagi, dapet nama salepnya. Tanya ke tante yang dokter, confirm itu obatnya. Dibikinin resep sama doi dan di fax ke kantor.

Mudah2an yang sekarang ga salah lagi ya nak..

Sing cepat syembuhhh..

 

*update: karena banyak keyword masuk ke blog dengan kata cacar api, berarti banyak yang ga ngeh sama penyakit ini. Salep yang dipakai Kinanti itu namanya Bactroban. Semoga yang lagi sakit cepat sembuh yaaa..

About these ads

7 pemikiran pada “cacar api

  1. ​​​‎​​​‎thanks atas info nya,,,sangat bermanfaat sekali…karna saat ini anak saya mengalami persis seperti yg di alami kinan.tp saya ga tau klo itu cacar api.karna td nya hanya ada 1 melenting di tangan,saya tnggu smpe 2 hari ga tmbul lg,tp stlh itu ada sekitar 5 lentingan lah…karna saya tau nya klo cacar tuh keluar nya bnyk.

  2. hai… nama saya marsella. saya ibu dr seorang anak perempuan usia 4 thn. baru bbrp hari yg lalu di daerah sekitar ketiak sebelah kanan muncul bentol merah yg melepuh (t’lihat seperti luka t’sundut rokok). setelah browsing, t’nyata itu merupakan penyakit cacar. dan stlh browsing lbh jauh lg, saya jd tau klo cacarnya t’masuk cacar api. b’awal dr situ, akhirnya saya t’tarik dgn blog ini saat lg browsing. info yg ibu sampaikan sama seperti yg anak saya alami. dia hanya punya satu cacar saat ini). stlh saya baca blog ibu, ada yg ingin saya tanyakan:
    1. b’arti kita tdk perlu bawa anak utk periksa ke dokter yach?
    2. dari yg saya baca, ibu bilang katanya ada obat salepnya, namanya bactroban. apakah obat tsb bisa dibeli tanpa resep dokter? trus, bagaimana dgn aturan pakainya… boleh tolong info lbh lanjut?
    tksh sblmnya…. ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s