Investasi

Keluarga kecil kami sedang gencar-gencarnya mikirin dana ini. Kira-kira tujuan investasi kami yaitu:

1. Dana Pendidikan si Kakak

Berhubung sekarang udah ada kakaknya, jadi pendidikannya mesti dipikirin jeuungg.. Kalau dihitung-hitung kenaikan dana pendidikan untuk sekolah swasta itu 20%/tahun sedang untuk negri 10%/tahun. Pake itungan sekarang aja vening yaa.. apalagi ntaran pas jaman si Kakak masuk kuliah, cyinn.. setelah kami itung-itung pake kalkulator qmfinancial.com, butuh dana 1.2 M aja dari TK-Kuliah ntar. Ah, bisa nabung ini.. Bisa kok, kalau mau nabung 8 juta sebulan sih kekejarrr.. dudududadada..

Kemungkinan investasi: emas (untuk sampe TK-SD), reksadana saham (SMP-SMA-Kuliah)

2. Dana Kesehatan ortu.

Berubung kedua orangtua kita kalau pensiun nanti ga dapat dari kantor ya, dan juga kayaknya belum ada yang ikut asuransi, jadi kami juga mesti mulai investasi untuk pos ini. Dengan perhitungan paling amit-amitnya misalnya orangtua kita sakit 3 taun di rumah sakit which means butuh skitar 1 M an (untuk satu orangtua aja ya cin). Kalau ikut Asuransi Kesehatan mengingat ortu udah tua, premi yang mesti dibayarkan mahal pisan!

Kemungkinan Investasi: Reksadana Campuran

3. Dana Darurat

Harusnya sih 12x pengeluaran bulanan ya. tapi keluarga kami belum ada tuh. hfff..

Kemungkinan Investasi: tabungan perbulan

4. Rumah

Kalau yang ini tak lain tak bukan si KPR.

5. Bisnis

Gimanapun juga investasi yang baik adalah investasi yang aktif dan bisa mempekerjakan orang. Karena itu aku dan si mas sih tetep mau buka usaha apaaa kek gitu. Tapi sekarang masih dalam tahap cita-cita dulu. Modalnya lagi banyak diserap sama si rumah sih..

Kami belum memikirikan dana kesehatan (karena ditanggung kantor sampai anak ke 3), asuransi jiwa (karena masih belum ngerti cara mainnya, walaupun perlu untuk breadwinner ya), dan dana pensiun (karena walo dicover kantor, seneng-seneng wei gue dapet 3 M ntar pensiun! padahal kalo diitung tingkat inflasi dari gaya idup sekarang, butuhnya minimal 6 M tauk!)..

Soalnya cashflow bulanan kami emang masih amburadul pisan sih. Pas ada kakak ini baru, jegerrrr, welcome to reality ya bok. Ngandelin tabungan kemakan inflasi.

Pusing ya? Sama sini juga pusing. Pegangan yaa.. *singg*

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s