Gejala khas Demam Berdarah/Demam Dengue

Hari kamis seminggu sebelum lebaran, Kinan kena Demam Berdarah. Sempat home treatment dulu sampai hari selasa, tapi Karena ga ada cairan maupun makanan yang masuk sama sekali selama 2 hari terus udah hari ke 5 kok masih lemes begono anaknya. Daan udah 2 hari juga ga pipis. Bisi dehidrasi, kami memutuskan dirawat ajah. Seengaknya ada cairan infus yang masuk. Jadilah kami melewatkan lebaran hari pertama di RS *dadah dadah sama baju lebaran*

Nah, kan kalau ibu2 suka khawatir ya, kalau anaknya demam tinggi, ini demam berdarah bukan ya? Berikut saya paparkan gejala khas DBD atau DD. Kalau anaknya Ada gejala kayak gini, yuk mari digotong dulu ke rs..

1. Demam mendadak tinggi
Biasanya kalau anak sakit kan pake acara anget dulu suhu tubuhnya ya (trus ibunya berdoa jangan naik lagi ya naaak). Kalau ini mah tanpa tendeng aling aling langsung tinggi. Kinan sampe 40drajat. Padahal gw inget banget tuh, jam 4 gw pulang kantor Kinan masih main sama gue. Itu gue sempet pegang jidatnya dan biasa aja suhu normal. Gue pegang jidat karena curiga dia aga rewel dan lemes kan. Terus dia minta es krim di kulkas. Jam setengah 5 minta nenen sambil nangis2. Cek jidat lagi udah panas. Thermometer langsung 40. Gue sempet panik apa garagara eskrim? Tapi ya iyakale masa langsung.

2. Muka merah
Awalnya gue kira kan garagara saking panas badannya. Tapi pas panas turun (siklus demam berdarah kan hari 3/4 panas mendadak turun tuh) muka Kinan tetap kemerahan gitu.

3. Lemas tak terkira
Jadi buibu kalau anak demam tapi masih bisa main main, bukan demam berdarah deh itu. Namapun anak kecil kan sering ya panas panas demam gitu tapi ya tetep aja ada itu enerkhi buat ngagaratak mah. Kalau demam berdarah atau demam dengue, duduk aja kagak bisa. Lemeeess banget. Jadinya rewel deh. Di sini lah gue mulai berpikir untuk rutin latihan angkat barbel. Tiap malam sampai ke pagi sampai malam lagi cuma mau digendong, kalau ga nenen, abis nenen gendong lagi (Dan kudu wajib harus sama emaknya. Suster, nenis, ayah cana!). Pas Kinan sembuh baru berasa tangan carangkeul. Haha..

4. Pada hari 3/4 panas mendadak turun.
Ini agak membingungkan sih. Setelah 3 hari manteng panas di 39.5-40 hari ke 4 mendadak hari 36 malah cenderung dingin badannya. Tapi anehnya lemes dan rewel dan ga mau makan sami mawon sama pas masih panas. Ini yang disebut saat khritis ya buibu. Banyak yang ga tau anaknya kena DB dan mengira anaknya sembuh jadi agak loss padahal kalau ga concern malah bisa mengarah ke SSD (pendarahan sampai merembes Dan bisa mengarah ke kematian).

Kayaknya yang kemarin bisa disarikan dari sakitnya Kinan itu dulu. Kalau soal trombosit hematokrit Dan kawan kawannya mungkin ngobrol aja sama dokcer biar lebih afdol.

Akhirul Kata, mudahmudahan anak kite sehat sehat selalu yaaa.. Sungguh sedih liat anak diinfus teh. Aamiinnnn..

Ciao!

One thought on “Gejala khas Demam Berdarah/Demam Dengue

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s