Ibu pengemis dan anaknya itu…

Pulang buka bareng gembok kemarin, gw naik ojek ke halte busway. Di perjalanan, di trotoar gw liat ibu duduk nangis2 sambil meluk anaknya yang dipeluk pake kain gendongan dan ditidurin di trotoarnya. Ibunya teriak-teriak dan air matanya beneran.

Gw jalan terus… di pikiran gue ‘pasti nipu. Pasti nipu’. Tapi, ibu mana yang tega ya, muka si ibu kebayang terus. Jadi pas turun ojek di halte busway, gw jalan balik 100 meteran ke tempat ibu itu.

Pas sampe, gue tanya, “kenapa anaknya bu?”
Dia ngusap air matanya, “sakit,” katanya sambil terisak.
“Yuk, ke rumah sakit sama saya.”
Ibunya kayak kaget, terus ngegeleng. “Ayok bu. Mumpung rumah sakit deket.”
“Besok pagi aja.”
Di sini gue udah ngerasa dia ga bener. Kalau anaknya sakit kan harusnya mau dibawa ke rs dong, masa nunggu pagi. Tadinya gue udah mau ninggalin dia, tapi gue liat anaknya yang tiduran di trotoar, lagi liatin gue. Ga keliatan sakit si menurut gue. Anaknya cantik. Matanya besar. Sedikit lebih tua dari Kinan, tampaknya. Gue ga tega, sumpah. Kok tega-teganya si ibu memergunakan anaknya gitu. Akhirnya tetep gue kasih duit, sembari gue bilang, “besok mesti dibawa ke rumah sakit loh bu. Janji!”
“Iya bu, makasih”

Terus gue jalan balik. Tapi gue malah lebih sedih daripada sebelum gue dateng. Gue telpon gumi dan dia marahin gue kenapa tetep kasih duit. Gue bilang gue ga tega. Kata gumi itu justru akan membuat sang anak semakin dipergunakan. Gue nangis sesegukan di halte tuh. Sama gumi tambah dimarahin. Haha.. udah pulang aja cepet. Hihi.. raja tega.

Mudah-mudahan anak itu dilindungi Allah dan masa depannya tidak terenggut karena keegoisan ibunya. Aamiin..

Tinggalkan Balasan

