Mengenal Migrain

Aku sendiri baru tau sejak dua tahunan yang lalu kalau sakit kepala yang sering kualami itu namanya migrain. Yang kita tau kan migrain itu sakit kepala sebelah ya, jadi ga pernah curiga kalau sakitku itu ternyata migrain. 

Sampai sekitar dua tahun yang lalu, di Bandung kena serangan sakit kepala (yang gejalanya cukup spesifik dan menurut gue, aneh) lalu googling, yang ternyata, owalah.. Ternyata pusing yang sering gue alami sejak SMP ini namanya migrain.

Berikut gue rangkum gejala migrain (yang ternyata ga sesimpel ‘sakit kepala sebelah’) yang terdiri dari beberapa fase:

1. Pre-serangan (tahap aura)

Di tahap aura ini kita tiba-tiba kaya lihat bayangan/warna seliweran di penglihatan kita. Kalau di kasus aku, aku juga merasa kaya tiba-tiba ngawang-ngawang. Dunia kok kaya menjauh dan meredup. Kalau di mimpi, kaya kita jadi orang ketiga aja yang pasif ngamatin jalan cerita. Aneh ya.. Hehe.. Selama ini aku pikir, ini aku aja aneh. Ternyata memang ini termasuk tahap pre serangan migrain.

2. Sensitif terhadap cahaya/suara, dll

Tiba-tiba cahaya terasa terlalu terang. Atau suara kok berisik amat. Aku pernah sampai nutup semua jendela, tetap merasa kesilauan padahal orang lain biasa aja. Suara tivi dikecilkan banget tapi tetap ganggu. 

Kalau udah ngerasa dua tahap di atas, biasanya udah sadar, wah ini mah mau migrain nih. Langsung masuk kamar, matiin lampu, dan nunggu pasrah sampai serangan datang.

3. Tahap serangan

Biasanya migrain datang 0.5-1 jam setelah tahap pre serangan. Lamanya sendiri bervariasi, bisa bilangan jam sampai hari. Gejalanya yaitu sakit kepala (yang menurut gue ga sebelah sebelah amat :p), mual, dan lemas. Kalau yang kurasa ya, seluruh kepala memang pusing, tapi yang berdenyut hebat ya sebelah saja terutama dari bagian atas alis.
Selama ini mengira, migrain itu adalah sesuatu yang harus diterima dengan pasrah. Kemarin baru tahu, kalau penderita migrain sebaiknya memeriksakan diri ke dokter saraf. PR nih, secara ibu dengan dua anak balita itu ga boleh banget sakit kan.

6 thoughts on “Mengenal Migrain

  1. snacksore berkata:

    waktu SMA aku migrain neng, lalu naik BB 5 kg dan migrain ilang.. waktu itu menganut prinsip kl sakit itu brarti krg makan. dudul yaa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s