Forgive, (and/but not) forget

Dua hari lalu aku buat IG Story yang intinya menanyakan kalau bagi teman-temen, memaafkan itu sama dengan melupakan ga sih? Or is it different package? Forgive is one thing, forget is a whole other story?

Jawabannya kebagi dua. Ada yang bilang mereka harusnya sepaket, kalau belum melupakan berarti belum dimaafkan. Ada yang bilang beda paket. Maaf ya maaf. Lupa lain cerita. Ada yang bilang maunya ga lupa, tapi lama-lama lupa (hahaha)

Tapi dari jawaban-jawaban mereka, ada satu nada yang jawabannya mirip, yang aku ko suka banget. Kalau memaafkan itu ga buat lupa, tapi begitu kamu tengok kembali ke masalah itu, hal itu ga menimbulkan lagi perasaan nyelekit atau ga nyaman. Emosinya sudah flat.

Satu jawaban dari temanku yang membekas, memaafkan justru adalah proses mengingat. Ingat kejadiannya, tapi secara hati sudah melapangkan.

I think this answer hits me just right.

Coincidentally, yang mana aku yakin takdirnya Allah untukku, besoknya ada sebuah kajian dari salah satu Ustadzah favorit aku. Temanya “Mudahnya Memaafkan Tapi Sulit Melupakan”. Like whaat, sesayang itu Allah sama aku langsung dikasih jawaban dari pertanyaanku knocking to my door like that, Alhamdulillah..

Dari situ beberapa hal yang kucatat dan kustarmessaged di lubuk hati terdalam adalah, mungkin orang itu dan masalah kamu adalah jalan yang diberikan Allah untuk mencapai surgaNya. Dan mau sebesar apapun rasa sakit hatimu, selama Allah masih sayang sama kamu, selama Allah ga marah sama kamu, percayalah itu gak apa-apa.

Cukuplah Allah sebagai pelindung bagiku.

Lalu, aku berpikir lagi.

Kita memang harus memaafkan dan melupakan

Bukan.. Bukan untuk orang tersebut

Tapi justru untuk kita sendiri

We deserve to forgive

We deserve that chance

And move on

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s